Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

Tips Mudah Memilih iPhone sesuai Kapasitas

Tips Mudah Memilih iPhone sesuai Kapasitas
Tips Mudah Memilih iPhone sesuai Kapasitas. Sejak awal peluncuran iPhone pada tahun 2007, Apple telah memberikan beberapa pilihan kapasitas yang digunakan dalam perangkat iPhonenya. Terdapat dua pilihan kapasitas, yaitu 8 GB dan 16 GB pada iPhone generasi pertama, sedangkan pada generasi yang paling anyar yaitu iPhone 5 terdapat tiga pilihan kapasitas, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.

Di antara ketiga pilihan kapasitas tersebut pada dasarnya tidak mempunyai perbedaan spesifikasi yang sangat mencolok. Namun, ketiga kapasitas tersebut mempunyai perbedaan harga yang cukup jauh dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Sebagai contoh, iPhone 5 yang telah dibundling oleh operator XL dengan kapasitas 16 GB dijual dengan  harga Rp 8 juta, kapasitas iPhone 32 GB dijual dengan harga Rp 8 juta, sedangkan kapasitas 64 GB dijual dengan harga Rp 10 juta. Perbedaan harga yang cukup besar inilah yang sering membuat calon pembeli bingung dalam menentukan ukuran kapasitas iPhone yang akan dibelinya. Sebenarnya tidak ada jawaban pasti hingga Anda mencoba semua model dan mengetahui kapasitas yang Anda butuhkan melalui proses trial and error.

Jadi, untuk memilih kapasitas yang paling cocok, Anda dapat melakukan beberapa tips kutipan Huffington Post berikut yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan iPhone dengan kapasitas yang paling baik untuk Anda.

1. Jumlah file musik yang ingin  Anda simpan
iPhone pada umumnya digunakan oleh pengguna sebagai alat pemutar musik digital. Untuk membuat akses musik menjadi semakin mudah dan dapat digunakan setiap saat, maka pengguna dapat menyimpan file musik langsung di dalam perangkat. Dengan kapasitas 1 GB, Anda dapat membuat sebuah perkiraan terhadap jumlah file musik yang dapat disimpan. Sebagai contoh, sebuah file musik yang mempunyai durasi 4 menit, pada umumnya mempunyai ukuran file sebesar 4 MB sehingga dalam 1 GB dapat menyimpan  kurang lebih 250 file musik. Namun, hal tersebut hanya lah sebuah perkiraan, karena akan terdapat lebih banyak file musik yang mempunyai ukuran lebih besar atau lebih kecil dari 4 MB. Meski demikian, analisis perhitungan tersebut dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang seberapa banyak lagu yang dapat Anda simpan dengan menggunakan kapasitas 1 GB.

Untuk memberikan sebuah gambaran tentang besaran file yang dibutuhkan secara tepat, pengguna sebelumnya dapat membuat daftar lagu melalui iTunes terlebih dahulu. Kemudian iTunes akan memberikan jumlah besaran file dari daftar lagu tersebut secara otomatis. iPhone yang mempunyai kapasitas 16 GB ke atas akan lebih baik Anda pilih jika daftar lagu yang dimiliki mempunyai ukuran lebih besar dari 10 GB.

2. Jumlah foto yang ingin Anda simpan
iPhone 5 mempunyai hasil gambar yang cukup baik dengan sensor gambar pada kamera sebesar 8 megapiksel. Hal tersebut tentunya dapat menjadi daya tarik bagi pengguna iPhone untuk mengambil banyak foto dan video dengan  menggunakan kamera tersebut.

Pada dasarnya, cara akurat yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah serta ukuran file foto yang diambil dengan menggunakan iPhone tidak lah ada. Untuk membuat kisaran jumlah foto, Anda dapat membuat sebuah perkiraan kembali.  Hasil foto yang diambil dengan menggunakan kamera iPhone 5 pada umumnya mempunyai ukuran hingga 2,3 MB atau kurang lebih 435 foto dalam setiap 1 GB. Sehingga iPhone yang mempunyai kapasitas 16 GB dianggap telah cukup untuk menyimpan foto dalam jumlah yang banyak. Pengguna dapat menghapus foto pada perangkat untuk kemudian menyimpannya melalui aplikasi penyimpanan online, seperti Google Drive, Flickr, atau Dropbox agar kapasitas penyimpanan menjadi semakin berkurang.

Jika bandingkan dengan foto, maka video akan memerlukan ruang yang lebih besar dalam sebuah perangkat. Video yang mempunyai durasi 1 menit pada umumnya memiliki ukuran file hingga 180 MB. Oleh karena itu, pilih lah iPhone yang mempunyai kapasitas lebih besar jika Anda ingin mengambil banyak video.

3. Jumlah aplikasi yang ingin Anda unduh
File dari aplikasi umum seperti Twitter, Facebook, dan juga YouTube mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar. Namun ukuran file tersebut dapat selalu berkembang jika Anda sering menggunakan aplikasi tersebut. Karena aplikasi akan dapat terus menyimpan data selama proses penggunaan.
Kesimpulannya, iPhone yang mempunyai kapasitas besar yaitu antara 32 GB dan 64 GB lebih baik Anda pilih jika ingin menyimpan file musik, lagu, video, dan aplikasi dalam jumlah yang lebih banyak. Namun, jika Anda hanya browsing dan membaca email melalui ponsel tersebut, iPhone yang mempunyai kapasitas 16 GB akan lebih cocok untuk Anda.

Demikian tips memilih iPhone sesuai kapasitasnya. Selamat memilih!