Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

6 Tips Menghemat Baterai Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone
Tips Menghemat Baterai Smartphone. Baterai dengan kapasitas besar saat ini telah ditambahkan pada perangkat smartphone yang beredar di pasaran. Namun, risiko baterai habis saat sedang berada di jalan tetap saja tinggi. Baterai yang habis saat momen penting memang terkadang terasa menyebalkan. Namun, pada dasarnya terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan sebagai upaya dalam menghemat baterai. Berikut beberapa tips mudah untuk membuat daya baterai menjadi semakin hemat.

Matikan sinyal radio
Smartphone seringkali kehilangan sinyal pada beberapa daerah tertentu. Hal tersebut dapat terjadi akibat menara pemancar sinyal yang letaknya terlalu jauh dari lokasi smartphone atau trafiknya yang sedang penuh. Saat sinyal melemah atau menghilang, maka sistem smartphone umumnya akan terus mencari koneksi yang paling baik. Pencarian sinyal secara terus menerus itulah yang akan menyebabkan baterai menjadi cepat habis.

Jika Anda sudah yakin tidak akan menemukan sinyal dalam beberapa waktu, maka lebih baik sinyal radio Anda matikan saja. Opsi untuk mematikan sinyal radio biasanya terdapat pada menu Setting. Fitur WiFi dan Bluetooth juga dapat Anda matikan saat sedang tidak digunakan. Karena kedua perangkat tersebut dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi cepat habis.

Aktifkan Airplane Mode.
Jika tidak ingin repot dalam mengatur konfigurasi sinyal, maka Anda dapat mematikan semua sinyal radio yang terdapat di smartphone dengan mudah hanya menggunakan satu mode saja, yaitu Airplane Mode. Dengan mengaktifkan Airplane Mode, maka semua sinyal radio seperti WiFi, GSM, hingga Bluetooth dapat langsung dimatikan.

Matikan fitur getar (vibrate)
Saat sedang rapat, berkendara, atau di tempat lain yang memerlukan ponsel dalam posisi silent, fitur getar (vibrate) memang sangat membantu jika ada pesan masuk atau panggilan telepon. Namun, fitur getaran sebenarnya memerlukan daya baterai yang lebih banyak jika dibandingkan dengan ringtone biasa. Oleh karena itu, fitur getar sebaiknya dimatika saat Anda sedang tidak membutuhkannya.

Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.
Salah satu penyebab baterai menjadi cepat habis adalah karena beberapa aplikasi dibuka dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, aplikasi yang tidak digunakan lagi sebaiknya Anda tutup agar baterai dapat lebih hemat.

Jangan "streaming"
Saat sedang ingin menonton video atau mendengarkan musik, maka kedua jenis data tersebut sebaiknya disimpan pada media penyimpanan yang tersedia. Jika tidak ingin baterai Anda terkuras habis, maka kurangi lah aktivitas streaming. Mendengarkan musik atau menonton video melalui YouTube memang sangat menyenangkan, namun aktivitas tersebut akan membuat sistem ponsel menjadi terus bekerja hingga akhirnya dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis.

Redupkan layar.
Tampilan layar yang semakin cerah juga dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat habis. Oleh karena itu, Anda dapat meredupkan atau mematikan layar smartphone saat tidak sedang digunakan.

Demikian tips menghemat daya tahan baterai. Semoga bermanfaat!