Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

Contoh Karangan Eksposisi Bertema Mading Lengkap


Contoh Karangan Eksposisi Mading Lengkap - Mading atau Majalah Dinding merupakan media komunikasi yang murah dan praktis serta menarik perhatian pembacanya. Mading memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai media komunikasi, sebagai wadah kreativitas, menumbuhkan kecerdasan untuk berfikir kreatif, menumbuhkan kebiasaan membaca, untuk mengisi waktu kosong, melatih kemampuan dalam menulis, berlatih dalam berorganisasi, dan masih banyak lagi. Fungsi tersebut di dapat dari hampir semua bagian yang terdapat pada mading. Mading berisi tentang materi pembelajaran, informasi, maupun pemberitahuan yang akan menambah wawasan pembacanya.  Selain pembaca yang mendapatkan keuntungan dari  adanya mading, penulis juga mendapatkan keuntungan. Keuntungan bagi penulis dengan adanya mading yaitu dapan memotifasi untuk membuat artikel yang dapat menarik perhatian bagi pembaca, serta dari segi desain juga penulis dapat mengapresiasikan jiwa seni untuk membuat suatu desain yang unik serta menarik perhatian pembaca. Untuk pembuatan desain, penulis perlu memperhatikan beberapa syarat yang harus di penuhi agar mading layak untuk diterbitkan. Syarat pertama yang harus di penuhi yaitu posisi dimana ketinggian adalah hal yang jarang di perhatikan oleh penulis. Ketinggian yang di perbolehkan untuk pemasangan mading yaitu menyesuaikan ketinggian dari si pembaca. Sehingga pembaca merasa nyaman membaca mading yang di buat oleh penulis. Syarat yang kedua yaitu tentang posisi penulisan, dimana penulisa tidak boleh ada artikel yang tidak lurus ke atas sehingga membuat pembaca merasa kurang nyaman untuk membaca artikel yang di buat oleh penulis. Untuk syarat kedua terdapat pengecualian untuk pembuatan judul mading yang berada di atas. Karna judul mading masih termasuk dalam desain dasar.

Di atas adalah contoh karangan eksposisi bertemakan mading yang sedang di gunakan untuk ujian praktik bahasa indonesia pada SMKN 2 Bawang sekolah saya tercinta.