Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

Andy Rubin "Sang Bapak" Android


Nama Andrew Andy Rubin atau lebih dikenal dengan Andy Rubin tidak bisa dilepaskan dari sistem operasi smartphones yang saat ini berjaya yaitu Android. Andy Rubin adalah pendiri Android Inc, yang kemudian dibeli oleh Google dan akhirnya menjadi sistem smartphones terlaris di dunia.

Andy Rubin dijuliki sebagai "Bapaknya Android", Andy Rubin bekerja di Google sejak Tahun 2005, saat Android Inc, diambil alih oleh Google. Tapi sebelum Andy Rubin bekerja di Google ternyata dia sudah pernah bekerja untuk Apple dan Microsoft yang kini adalah saingan utama dari Google.

Andy Rubin mengepalai Sistem Operasi Android di Google, tetapi saat ini Andy Rubin telah mengundurkan diri dari posisi itu tetapi Andy Rubin akan tetap bekerja di Google tetapi jabatan baru untuk Andy Rubin masih belum diumumkan.

Perjalanan Karir Andy Rubin

Sejak masih kecil, Andy Rubin sudah terbiasa dengan gadget, karena ayahnya seorang psikolog yang merubah karir menjadi direct marketing, dan ayahnya menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya dikamar Andy Rubin.

Andy Rubin memiliki minat yang sangat besar pada segala sesuatu yang berbau robot, Andy Rubin kemudian bekerja untuk pertama kalinya di Carl Zeiss AG setelah ia lulus kuliah. di Carl Zeiss Andy Rubin bekerja pada divisi Robotika, tepatnya pada bidang komunikasi digital antara jaringan.

Setelah bekerja dengan Carl Zeiss, kemudian Andy Rubin sempat bekerja pada bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss, Karier Andy Rubin di bidang Robotika semakin cemerlang, hingga suatu hari Andy Rubin berlibur di Cayman Island pada tahun 1989, dan gara-gara liburan hidup Andy Rubin berubah karena pada saat ia berlibur di salah satu kepulauan di Jamaika tersebut ia tidak sengja bertemu dengan seorang yang bernama Bill Caswell. Andy Rubin mendapati Bill Caswell sedang tidur di tepi pantai karena terusir dari sebuah cotage setelah bertengkar dengan pacarnya.

Andy Rubin menawarkan Bill Caswell tempat tinggal untuk sementara, lalu untuk balas budi, Bill Caswell menawarkan pekerjaan untuk Andy Rubin, secara kebetulan Bill Caswell bekerja untuk Apple.

Setelah Bekerja untuk Apple, Andy Rubin sempat bergabung dengan Artemis Research bersama beberapa veteran Apple, Perusahaan Artemis Research ini mengembangkan sesuatu yang bernama WebTV, yang merupakan kolaborasi antara layanan Televisi dengan internet.

Lalu pada Tahun 1997, Microsoft membeli perusahaan Artemis Research dan Andy Rubin pun ikut bergabung dengan perusahaan raksasa IT tersebut. Di Microsoft Andy Rubin sempat membuat sebuah robot yang dilengkapi oleh kamera untuk mengerjai rekan-rekan kerjanya, dan Robot itu terhubung dengan internet dan sempat mendapatkan masalah karena Robot ciptaan Andy Rubin ini sempat dibobol oleh pihak diluar Microsoft.

Pada Tahun 1999, Andy Rubin memutuskan untuk keluar dari Artemis Research ( yang artinya keluar juga dari Microsoft ), lalu Andy Rubin membuka sebuah toko di Palo Alto, California. Andy Rubin menyebut toko miliknya sebagai laboratorium, dan disitu dia memiliki ide untuk membangun perusahaan dengan nama Danger Inc,

Andy Rubin mendapatkan kesuksesan dengan perusahaan Danger Inc, dengan sebuah perangkat yang diberi nama Sidekick yang pada mulanya perangkat ini diberi nama Danger HipTop. Namun kesuksesan itu tidak terlalu berlangsung lama dan kemudian pada tahun 2004 Andy Rubin memutuskan untuk meninggalkan Danger Inc, lalu pada tahun 2008 Danger Inc dibeli oleh Microsoft dengan harga yang sangat besar, menurut info Microsoft membeli Danger Inc senilai 500 Juta Dollar.

Awal mula Android

pada tahun 2002, Andy Rubin sempat memberikan kuliah di Stanford mengenai perkembangan sidekick, walaupun Sidekick penjualannya tidak meledak tetapi perangkat itu sangat baik bila dinilai dari sisi engineeringnya.

Kebetulan pada saat Andy Rubin memberikan kuliah, Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google juga hadir dalam kuliah itu dan setelah kuliah yang diberikan Andy Rubin selesai, Larry Page menemui Andy Rubin untuk melihat lebih dekat perangkat sidekick tersebut.

Pada Tahun 2004, Andy Rubin keluar dari Danger Inc, dan mencoba melakukan hal-hal yang baru diantanya mencoba memasuki bisnis camera digital sebelum mendirikan Android Inc.

Akhirnya Andy Rubin mendapatkan ide sederhanya dan ia mendirikan Android Inc yang berfokus untik menyediakan platform mobile yang handal dan open source sehingga bisa mendorong invoasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan. dan pada Juli 2005, Perusahaan Andorid Inc pun di beli oleh Raksasa Google dan Andy Rubin pun ikut bergabung ke Google.

Bersama Google, Android diberikan kekuatan yang ekstra dan hingga saat ini sistem operasi Android memiliki berbagai inovasi yang membuat Android menjadi sistem operasi yang berjaya mengalahkan Apple yang memiliki sistem operasi iOS.