Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

3 OS terbaru penantang Android


Tahun 2013 ini merupakan cobaan yang berat bagi Android, karena pada tahun 2013 ini akan muncul penantang baru dalam Operating System Smartphone dan tidak tanggung-tanggung jumlah pendatang baru ini berjumlah 3 sekaligus.

Ketiga Operating System terbaru ini adalah Tizen, Firefox OS, dan Ubuntu. Tampaknya kehadiran ketiga sistem operasi akan membayang-bayangi kesuksesan yang sedang dinimkati oleh Google Android.

Berikut ini ulasan dari ketiga sistem operasi terbaru yang akan hadir di tahun 2013 :

Tizen



Tizen mirip seperti Android yang merupakan sistem operasi open source yang memakai inti program dari Linux. Tizen diciptakan dan dirancang bukan hanya untuk smartphone atau tablet pc saja, tetapi Tizen dapat juga digunakan diberbagai perangkat lain seperti perangkat multimedia di dalam kendaraan dan juga dapat digunakan untuk televisi.

Tizen dikembangkan oleh Samsung dan Intel serta Linux Foundation.Dikabarkan Samsung akan menghadirkan smatphone terbaru yang berbasis Tizen pada pertengahan tahun 2013 ini.

Firefox OS

Firefox OS merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation yang merupakan yang menciptakan browser Mozilla Firefox yang berlogo rubah api. Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" yang pada mulanya merupakan proyek sistem operasi mobile yang berbasis web open source dari Mozilla.

Firefox OS akan berbasis HTML 5 dan berbasis open source web, untuk mendukung kehadiran Firefox OS ZTE dan TCL yang merupakan produsen asal China siap memproduksi smartphone yang berbasis Firefox OS pada Tahun 2013 ini.

Ubuntu

Ubuntu tadinya merupakan sistem operasi untuk Personal Computer / PC, namun sekarang Ubuntu merambah ke sistem operasi untuk smartphone. Sama seperti Tizen dan Android, Ubuntu akan berbasis kernel Linux. Ubuntu Mobile dirancang untuk dapat digunakan untuk processor ARM dan X86. Kabarnya untuk merayu para pengembang aplikasi, Ubuntu dibawah naungan Canonical berjanji akan menghadirkan Application Programing Interface ( API ) agar para pengembang mau membangun aplikasi di Ubuntu.