Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

10 Tips Sedehana sebelum anda membeli Laptop

Memilih Laptop dengan fitur yang bagus tidaklah mudah seperti kelihatannya. Sangat penting untuk mengetahui berbagai faktor utama sebelum anda membeli sebuah laptop. Sebuah laptop dapat menjadi perangkat yang mahal dan tidak akan ada yang mau mengeluarkan uang untuk laptop yang memiliki perfoma yang buruk. Jadi untuk itu bacalah dahulu 10 tips ini sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah laptop.


1. Perusahaan Manufaktur Laptop

Sebelum membeli laptop apapun pastikan terlebih dahulu perusahaan manufaktur laptop tersebut ( merek ). Beberapa perusahaan yang terkenal contohnya adalah : Dell, Compaq, Lenovo, Intel, Toshiba, Apple, HP, Acer. Untuk laptop Game/Gaming . Alienware adalah salah satu perusahaan manufaktur laptop yang terbaik. Jika anda berencana membeli sebuah laptop baru lebih baik memilih salah satu dari perusahaan yang tertera di atas untuk memastikan kualitas dari laptop anda.


 2. Central Processing Unit (CPU)
  
Hal kedua yang sangat penting untuk diingat pada saat membeli sebuah laptop adalah jenis prosesor apa yang digunakan atau jenis prosesor apa yang akan anda pilih untuk laptop anda. CPU berperan penting dalam menentukan kecepatan proses kerja laptop anda. Ada 2 perusahaan penting yang memproduksi CPU yaitu Intel dan AMD, namun prosesor CPU terbaru dari Intel yaitu i3, i5 dan i7 adalah pilihan yang cukup sempurna untuk kecepatan proses operasi laptop anda. Anda juga bisa memilih prosesor Intel Atom untuk seri Laptop Low-End ( Laptop murah ).


3. Besarnya jumlah Random-Access Memory (RAM)


Semakin besar memori RAM laptop anda maka semakin meningkat juga kinerja laptop anda. Sebuah laptop dengan minimal RAM 2 GB akan mengoptimalkan kinerja laptop untuk anda gunakan hari demi hari


4. Graphic Card ( VGA Card )


Graphic Card adalah faktor lainnya yang dapat mempercepat kinerja dari laptop anda. Jika anda ingin menggunakan laptop anda untuk bermain game atau untuk mendesign maka carilah laptop dengan memiliki VGA Card yang memiliki spek cukup baik. Produsen untuk VGA Card yang paling penting adalah ATI dan Nvidia.

5. Layar Laptop


Besarnya layar laptop juga merupakan pertimbangan penting sebelum membeli sebuah laptop. Layar laptop hadir dengan berbagai ukuran antara 12 - 17 inch. Sebuah layar laptop yang kecil biasanya akan terlihat redup pada saat anda berada diluar ruangan.Semua tergantung dengan budget anda dalam membeli laptop.




6. Storage


Optical Drive : biasanya kebanyakan laptop menyediakan built-in optical drive dengan bentuk CD / DVD. Sebagian besar produsen menawarkan drive yang Rewriteable ( DVD-RW ). Tetapi beberapa notebook tidak menawarkan optical drive built-in dan anda harus membeli CD / DVD drive secara terpisah ( eksternal drive ). 

Hard Drive : Hard drive juga sangat penting bagi laptop. Jika anda ingin proses boot-up /booting terbaik, anda harus memilih hardisk SSD tetapi perlu diingat bahwa harga yang ditawarkan masih sangat mahal. Untuk Laptop Murah harddisk sebesar 160 GB akan cukup untuk. Jika anda berencana untuk bekerja yang menggunkan data yang cukup besar anda harus memilih kapasitas harddisk yang lebih besar lagi.



7. Baterai


Ketika anda bekerja dengan laptop tertuama diluar ruangan ( tidak ada arus listrik ) , maka daya tahan baterai adalah hal yang sangat penting. Anda harus sangat berhati-hati untuk memeriksa daya tahan baterai laptop sebelum membelinya. Kebanyakan produsen akan memberikan berbagai modus/fitur untuk pemakaian daya baterai seperti : power balance , power saver , high perfomance dan lain-lainya.



8. Koneksi Wireless


Sekarang ini laptop memiliki built-in adaptor wireless untuk terhubung ke Internet atau jaringan lain. Cobalah untuk memilih laptop yang memiliki Wireless 802.11 b/g/ n , standar ini didukung (802.11n sebagai standar jaringan wireless yang tercepat) dan jangan lupa ketersediaan Bluetooth untuk membantu pertukaran data dengan perangkat lain.

9. Jumlah Port USB


Kebanyakan laptop memiliki setidaktnya 2 port USB. Anda perlu memilih laptop yang memiliki ketersediaan port USB yang cukup banyak karena biasanya port USB digunakan untuk keperluan Mouse, USB Flash memory. Port USB yang tercepat saat ini adalah USB 3.0.

10. Harga

Pasaran Laptop dan Notebook tumbuh secara bertahap, sangat sulit untuk menghitung harga dari masing-masing perangkat. Ada ratusan model dan fitur yang diperkenalkan setiap harinya. Tetapi sebagai patokan Laptop termurah sebesar $ 250 ( Sekitar Rp 2.500.000 ) , tetapi jika anda adalah seorang profesional yang membutuhkan laptop yang powerfull maka anda bisa memilih laptop dengan harga yang sangat tinggi yaitu $ 5.000 ( sekitar Rp 50.000.000 ). Sebuah laptop untuk keperluan sehari-hari rata-rata bekisar di harga $ 800 - $ 1.500 ( sekitar Rp 8.000.000 sampai Rp 15.000.000 )


Jadilah pembeli yang bijak dengan menentukan dulu kebutuhan yang diperlukan sebelum membeli sebuah laptop jangan sampai sudah mengeluarkan dana yang besar tetapi fitur laptop tidak bisa digunakan secara maksimal.