Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

Jogja Farm Jual Kambing

 


Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat disayangkan, mengingat peluang bisnis ternak kambing masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan.


 


Cara kambing modern adalah jawaban atas permintaan tinggi untuk kambing di pasar. Selain itu, raiser kambing modern memiliki banyak keuntungan, termasuk efisiensi biaya, waktu, tenaga kerja, pakan dan manajemen manajemen.


 


Kambing modern ini dapat diterapkan dalam berbagai skala bisnis, mulai dari skala usaha kecil dan menengah, hingga besar.


 


Bisnis kambing saat ini dapat dilakukan oleh siapa pun dan di mana saja. Ini karena kambing modern memiliki perbedaan dalam pakan dan manajemen bila dibandingkan dengan kambing tradisional. Sehingga tidak memerlukan persyaratan atau kriteria tertentu sebagai ternak kambing tradisional yang tepat.


 


Melalui penerapan teknologi dan inovasi terbaru, cara kambing modern dinyatakan lebih intensif. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mendapatkan kambing modern yang perlu Anda terapkan.


 


Daftar Isi

Manajemen kandang kambing

 


kandang kambing

Kandang kambing adalah salah satu kebutuhan utama pertanian kambing.


 


Kandang kambing berfungsi sebagai tempat istirahat, melindungi dari hewan predator, terutama anjing, sebagai tempat makan dan minum, sebagai tempat menikah dan melahirkan, berlindung dan buang air kecil, dan untuk memfasilitasi pengelolaan kambing.


Ada 3 hal yang perlu Anda lakukan dalam manajemen kandang kambing:


 


1. Persyaratan untuk kandang kambing

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi kandang kambing. diantaranya adalah :


Tempatnya cukup tinggi dan menghindari genangan air.

Jaraknya cukup jauh dari rumah atau well.

Dapatkan cukup sinar matahari pagi.

Terlindung dari angin langsung (terutama di malam hari).

 


2. Ukuran kandang kambing

Ukuran kandang kambing yang diperlukan untuk bisnis kambing modern sangat efisien, karena tidak perlu terlalu besar. Sehingga dapat menghemat ruang dan biaya pembuatan kandang.


kandang kambing

Ukuran kandang kambing adalah 3 x 1,5 meter untuk 10 kambing seperti pada contoh gambar di atas.


 


Kandang pada pertanian kambing modern tidak memerlukan ukuran besar, ini karena pakan yang diberikan sangat menghemat ruang. Selain ukurannya yang berbeda, perawatan kebersihan kandang kambing juga terasa lebih mudah. Kebersihan kandang kambing terasa lebih mudah karena didukung oleh bentuk kandang kecil dengan lantai panggung.


 


Ukuran kandang kambing yang relatif kecil dengan populasi maksimum akan mengurangi ruang atau aktivitas di kambing.


 


Ini berguna untuk transformasi pakan menjadi cadangan energi dalam bentuk daging, lemak, dan sedikit yang menjadi kotoran. Sehingga tidak banyak pakan yang terbuang karena aktivitas gerak, yang secara otomatis dapat mempercepat penggemukan.


 


3. Perawatan kandang kambing

Perawatan kandang kambing mutlak harus dilakukan dalam kambing modern.


 


Semua bagian kandang kambing harus dibersihkan secara rutin. Seperti membersihkan lantai kandang, Kokopan di mana umpan kambing dan perbaikan sesegera mungkin jika ada bagian dari kerusakan pada kandang kambing.


 


Jenis kandang kambing yang direkomendasikan adalah jenis kandang panggung.


 


Jenis kandang panggung memiliki keunggulan:


Kebersihan kandang lebih terjaga, karena kotoran dan urin jatuh.

Kandang kering, sehingga penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur tidak mudah

Hindari serangan hewan liar, seperti anjing atau orang lain.

 


Manajemen Biji Kambing

Pemilihan biji kambing yang baik (Cempe) akan sangat menentukan keberhasilan upaya penggemukan sapi kambing.


 


Cara kambing modern harus dengan manajemen pemeliharaan kambing yang baik. Manajemen pemeliharaan terdiri dari makan, perawatan ternak, dan menjaga kesehatan ternak.


 


1. Umpan

Frekuensi pemberian makan tergantung pada jenis pakan yang diberikan. Yang paling penting adalah kebutuhan untuk pakan dipenuhi dan diberikan secara teratur dengan mempertimbangkan kandungan gizi pakan.


 


2. Perawatan Kambing

Perawatan ternak diperlukan untuk memastikan keberhasilan upaya mengumbang kambing modern. Ini sedikit berbeda dari ternak tradisional yang perawatannya tidak begitu banyak perhatian.


 


Perawatan ternak dapat berupa pergeseran rambut, pemotongan kuku, dan perawatan lainnya.


 


3. Mandi Kambing

Mandi kambing ternak setidaknya dua kali setahun. Ternak kotor karena tidak pernah dimandikan lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.


 


Tujuan untuk memandikan ternak atau memotong kuku adalah bahwa penyakit yang berasal dari parasit dan jamur yang sarang paku atau bulu dapat dicegah / diberantas. Selain itu, ternak yang terlihat bersih akan terlihat lebih sehat dan menarik, sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi.


 


4. Penambahan suplemen ternak kambing

Cara kambing adalah yang paling penting dan harus dipertimbangkan, yaitu penambahan suplemen organik cair.


 


Suplemen untuk kambing harus aman dan tidak menyebabkan efek samping jangka panjang. Fungsi suplemen ini adalah untuk meningkatkan imunitas hewan sehingga tidak mudah diserang oleh penyakit karena bakteri berbahaya, virus, atau jamur. Dengan begitu, kematian ternak juga dapat diminimalkan.


 


Selain itu, suplemen juga berfungsi sebagai stimulan dalam mempercepat pertumbuhan ternak, sehingga upaya penggemar yang lama berlakunya dapat lebih menguntungkan.


 


Suplemen yang memenuhi kriteria ini adalah suplemen organik cair GDM.


 


Suplemen organik cair GDM berisi:


Mosroorganisme yang menguntungkan (bakteri menguntungkan), sehingga mencegah penyakit akibat bakteri, jamur, atau virus ke dalam tubuh ternak.

Bakteri yang terkandung dalam fungsi GDM SOC sebagai pendukung untuk fermentasi pakan.

Mengandung elemen sayur dan hewan yang dibutuhkan oleh ternak

Dapat membuat antibodi / imunitas, sehingga ternak tidak mudah diserang oleh penyakit

Meningkatkan metabolisme, sehingga pertumbuhan ternak menjadi optimal dan besar.

Limbah ternak tidak berbau, karena proses pencernaan ternak dibantu oleh mokroorganisme yang menguntungkan.

Ramah lingkungan, karena 100% organik.

Aman digunakan dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.

Tingkatkan kemampuan ternak dalam pencernaan pakan

Meningkatkan selera ternak dan menjaga keseimbangan mikroflora dalam pencernaan ternak.

Jogja Farm Jual Kambing

 


Begitu banyak manfaat dari suplemen organik cair GDM ini, tentu saja Anda sebagai peternak kambing benar-benar perlu menambahkan ke dalam daftar dalam pengobatan kambing modern.


 


Itu adalah panduan lengkap dengan cara ternak kambing GDM modern, metode ini telah diupayakan untuk menguntungkan petani kambing di Indonesia.