Featured Post

Jogja Farm Jual Kambing

  Cara kambing ternak - bisnis pertanian kambing masih banyak yang merupakan bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat d...

Cara Membuka Program Java Melalui CMD Dengan Jelas

Assalamualaikum
Halo sobat yang berbahagia. Pada kesempatan siang hari ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuka program java melalui CMD dengan lengkap dan jelas. Membuka java melalui CMD adalah hal yang sudah kuno. Karena pada seiring jaman yang maju ini banyak perusahaan software-software yang menciptakan untuk membuka program ini. Contohnya seperti netbeans, eclipse, dll. Walaupun Tips ini sudah banyak yang tahu, tapi tidak salahkan jika saya sharing kepada teman-teman ?.

CMD (Command Prompt) sendiri adalah salah satu bentuk dari interface dari sebuah komputer yang menggunakan perintah tulis untuk mengeksikusinya. Jarang sekali pengguna windows membuka ini untuk mengcompile suatu programnya. Untuk membesarkan layarnya cukup menggunakan Alt + Enter.



Langsung saja saya berikan stepnya dibawah ini :

  • Pertama-tama bukalah Command Prompt (CMD). Dengan mengklik pada keyboard Windows + R. Setelah itu anda akan menemui seperti gambar dibawah ini.
 
  •  Sesudah itu anda akan melihat sebuah kotakan bewarna hitam. Itu yang dinamakan CMD. Lalu ketikan  set PATH = C:\Program Files\java\jdk1.8.0_25\bin;%PATH%   lalu ketik enter. Dan ketik set CLASSPATH=.;D:\ datajava  lalu tekan enter ( datajava bisa anda masukan dengan nama folder yang ingin anda classpathkan).
(Pada jdk1.8.0_25 itu adalah program java pada laptop saya , namun anda sebelum memasukan bisa melihat di dalam folder program files => java => nah disini anda akan menemukan).


  • Sesudah sobat menekan enter, lalu ketik "D:" dan tekan enter lagi. Terus masukan tulisan "cd datajava" ( ingat datajava sobat ganti dengan nama folder yang ada di dalam komputer tersebut).
  • Setelah itu anda masukan  javac  mahasiswa.java. Ingat mahasiswa anda ganti dengan nama class yang haru sama dengan nama file tersebut. Terakhir anda ketik enter. Dan akan muncul sebuah program yang sobat buat.









Nah sesudah mengamatinya ternayata gampang bukan ?. jika sudah mengetahuinya silahkan dipraktekan dengan benar ya. 
Semoga bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel ini.
Terima Kasih.